DAFTAR DOMAIN DESA.ID

Cara Membuat Website Desa

Potensi desa di Indonesia masih cukup besar sehingga perlu terus dikembangkan. Tidak hanya dengan pembangunan infrastruktur, namun juga dengan promosi potensi desa yang berkelanjutan. Salah satu cara melakukannya adalah melalui website desa.

Apa itu Website Desa?

Website desa adalah sebuah website yang dibuat untuk menampilkan informasi tentang suatu desa secara online. Sebelumnya, pengembangan desa melalui website belum banyak dilakukan. Salah satu kendalanya adalah belum diaturnya penggunaan domain yang sesuai. Domain go.id milik pemerintah hanya dapat digunakan hingga tingkat kabupaten/kota. Jadi, website desa tidak dapat menggunakannya.

Setelah lahirnya undang-undang tentang desa, membangun website desa bukan lagi hal yang sulit. Terutama dengan ditentukannya domain desa.id yang khusus digunakan untuk membuat website desa.

Selain itu, ketersediaan dana desa yang cukup membuat pengembangan desa secara online kian mudah dilakukan.

 

Sayangnya, pemanfaatannya masih belum maksimal. Faktanya, hanya 3,5% desa di Indonesia yang sudah memiliki website. Artinya potensi desa di Indonesia banyak yang belum digali dengan baik.

Nah, jika desa Anda belum memiliki website, Anda bisa mengikuti panduan kami untuk membuat website desa yang baik.

Berikut ini adalah langkah – langkah mendaftarkan domain desa dengan mudah:

Mendaftarkan Domain desa.id

Pendaftaran domain desa.id harus dilakukan oleh aparat yang berwenang atau yang ditunjuk dengan surat kuasa. Silakan koordinasikan terlebih dahulu kepada pemerintah desa Anda.

Kemudian, Anda bisa mengikuti langkah berikut:

Masuk ke halaman domain.go.id.

Silakan login jika Anda sudah memiliki akun. Jika belum, lakukanlah pendaftaran terlebih dahulu agar dapat masuk ke langkah selanjutnya.

Silakan ikuti semua tahapan pengisian data yang diperlukan untuk pembuatan akun tersebut. Setelah selesai, silakan klik Submit.

Anda akan diminta menunggu proses verifikasi data hingga maksimal 4 hari. Email verifikasi akan dikirimkan ke PNSmail Anda.

Setelah berhasil login dengan akun Anda, pilih menu Pendaftaran Domain. Kemudian, cek ketersediaan nama domain desa.id yang akan digunakan. Beberapa pilihan nama yang bisa Anda gunakan adalah:

Lanjutkan proses pengisian data dan pastikan semua informasi yang dibutuhkan Anda isi dengan benar. Jika sudah, pilih Confirm lalu klik Submit.

Pada tahapan selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengunggah berkas pendukung berupa:

  • SK Pengangkatan Kepala Desa
  • Surat Kuasa kepada Perangkat Desa
  • Surat Permohonan yang ditandatangani Kepala Desa
  • Kartu Identitas yang masih berlaku

Setelah tahapan unggah berkas selesai, Anda bisa menunggu proses verifikasinya terlebih dahulu.

(Jika anda kesulitan dalam proses mendapatkan domain desa.id, kami dari pihak DESAKREATIF.CO.ID siap Membantu anda) 

Manfaat Website Desa

  1. Sumber Informasi Resmi Desa

Website desa dapat dijadikan sumber informasi resmi tentang suatu desa. Informasi tersebut bisa berupa nama desa, alamat lengkap, aparat pemerintahan, dan lainnya.

Jadi, apabila diperlukan, setiap orang bisa mengaksesnya secara online dengan mudah. Tanpa adanya website, masyarakat akan mencari data terkait desa Anda dari pihak lain, yang bisa saja tidak tepat.

  1. Menjadi Portal Berita

Penyebaran informasi aktual tentang suatu desa akan lebih mudah jika memiliki website yang selalu online. Website desa yang Anda miliki bisa menjadi portal berita yang kredibel.

Hal ini tentu sangat penting untuk tujuan keamanan, pencegahan hoax dan penyebaran berbagai informasi darurat lainnya.

  1. Sarana Promosi Potensi Desa

Setiap desa memiliki potensi yang berbeda. Baik dari sumber daya alam maupun potensi masyarakatnya.

Dengan adanya website desa, potensi tersebut bisa dipromosikan ke pihak luar sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Misalnya, jika desa Anda memiliki obyek wisata yang sangat menarik namun belum banyak yang mengetahuinya, Anda bisa mempromosikannya melalui website disertai dengan berbagai unggahan foto yang menarik.

Selain itu, jika desa Anda memiliki event tahunan yang unik, Anda bisa menampilkannya di website Anda. Tujuannya, agar menarik pengunjung datang ke desa Anda. Hal ini tentu akan dapat membantu perekonomian masyarakat.

  1. Sarana Publikasi Kegiatan Desa

Setiap kegiatan pembangunan desa yang menggunakan anggaran perlu dipublikasikan dengan baik. Tujuannya, untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan meningkatkan peran serta masyarakat.

Menggunakan website desa, publikasi bisa dilakukan dengan mudah. Hasil dokumentasi kegiatan berupa foto dan video bisa diunggah ke website dengan cepat. Apalagi dengan penggunaan CMS WordPress yang membuat pengelolaan media lebih efektif.

  1. Peningkatan Pelayanan Administrasi

Website desa juga dapat digunakan untuk mendorong percepatan pelayanan masyarakat. Karena bisa diakses secara online, beberapa pelayanan administrasi dapat dilakukan tanpa harus datang ke kantor desa/kelurahan.

Selain lebih cepat, cara ini juga bisa untuk mencegah praktik suap yang bisa saja terjadi. Hasilnya, pelayanan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

  1. Pusat Pengaduan Masyarakat

Masyarakat dapat menjadi pengawas pelaksanaan pembangunan desa. Hal ini harus didukung dengan kemudahan dalam melakukan pengaduan.

Website desa dapat difungsikan sebagai pusat pengaduan masyarakat. Ketika mengetahui adanya penyelewengan, masyarakat bisa mengisi formulir pengaduan secara online. Pejabat terkait juga akan lebih mudah mendapatkan informasi.

  1. Sarana Penyuluhan Masyarakat

Seperti Anda ketahui, pemerintah memiliki program dana desa. Tujuannya untuk mendukung pembangunan desa secara menyeluruh.

Pengelolaan dana desa harus diawasi dengan baik sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Website desa merupakan media yang paling efektif untuk program pengawasan tersebut.

Dengan melakukan pelaporan pemanfaatan anggaran secara rutin, transparansi anggaran akan tercapai. Baik masyarakat desa maupun pengunjung umum dapat mengetahui penggunaan anggaran di suatu desa yang mendapatkan dana desa.

Contoh Website Desa Terbaik

Berikut ini adalah beberapa contoh website terbaik sebagai sumber inspirasi Anda:

  1. Desa Pegiringan

 

Desa pegiringan di Kabupaten Pemalang memiliki website desa yang patut dibanggakan. Alasannya, selain memberikan informasi yang lengkap, tampilan website ini cukup menarik.

Tidak hanya itu, website desa ini juga menjadi pemenang ID website Award PANDI 2018. PANDI adalah pengelola nama domain internet Indonesia yang ditunjuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika

  1. Desa Dermaji

 

Website desa Dermaji juga menjadi pemenang ID website Award 2018.

Tampilan websitenya sangat simple dengan header hero yang cukup besar. Foto kegiatan desa yang ditampilkan langsung menarik perhatian pengunjung. Selain itu, pengunjung dapat mengakses berita terkini dengan mudah berkat tombol Call-to-Action yang ditempatkan.

  1. Desa Bulakan

 

Jika dua website di atas mendapatkan apresiasi dari PANDI, desa bulakan adalah nominator desa terbaik versi IWA (Indonesia Website Award).

Website desa Bulakan mengusung desain one page (satu halaman penuh). Di halaman depan, pengunjung akan disuguhi slideshow potensi desa dengan animasi zoom-in dan zoom-out yang menarik.

Tidak hanya itu, statistik penduduk dan laporan anggaran juga dapat diakses dengan mudah dari halaman utama.

  1. Desa Pasekan

 

Berbeda dengan website desa lain yang menampilkan homepage sebagai halaman utama, website desa Pasekan menampilkan portal.

Hal ini tentu akan memudahkan pengunjung untuk langsung menuju ke kategori yang diperlukan. Mulai dari PengumumanPelayanan PublikAspirasi Warga dan lainnya.

Website desa ini juga merupakan salah satu nominator website terbaik versi IWA.

Kesimpulan

Memiliki website desa sangatlah penting. Setidaknya terdapat 7 manfaat dari website desa yang dapat kami rangkum sebagai berikut:

  1. Sumber Informasi Resmi
  2. Menjadi Portal Berita
  3. Sarana Promosi Potensi Desa
  4. Sarana Publikasi Kegiatan Desa
  5. Peningkatan Pelayanan Publik
  6. Pusat Pengaduan Masyarakat
  7. Mendukung Transparansi Anggaran

Beberapa contoh website terbaik juga sudah kami berikan. Jadi, kini saatnya Anda membuat website desa yang dapat diakses secara online oleh siapa saja. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Open chat
Selamat Datang di DesaKreatif
Ada yang bisa saya bantu?